Sabtu, 06 November 2010

Abu Vulkanik Merapi Menyentuh Sukabumi dan Bogor

Merapi meletus- Foto -Tribunnews.com

     Erupsi dan Ledakan gunung Merapi Jumat 05 November lalu memang luar biasa. Tidak salah jika Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Sukhyar, menilai ledakan merapi kali ini merupakan yang terdahsyat dalam kurun waktu 140 tahun terakhir. Material yang dimuntahkan berupa lahar dan awan panas meluas, hingga radius amannya sampai 20 km dari titik semburan.

Abunya membumbung hingga ketinggian 7 km dan menyebar hingga ratusan kilometer. Ketika gunung merapi itu meletus Jumat lalu, abunya terbang hingga ke wilayah Bandung Jawa barat bahkan menyentuh wilayah Sukabumi dan Bogor. Letusan kali ini kurang lebih sama dengan letusan gunung Agung di Bali tahun 60-an, dimana abu vulkaniknya terbang hingga ke Tuban Jawa Timur.


Di Sukabumi Jawa Barat warga terkejut  melihat kendaraan miliknya kotor oleh abu. Jumat 05 November kemarin, langit Sukabumi sedang diguyur hujan, namun airnya kotor bercambur lumpur. “Saya heran, mobil saya baru dicuci tapi pas hujan turun bercampur abu. Sehingga mobil kotor, kata Herman seorang warga. Hal yang sama juga dialami oleh pemilik kendaraan roda dua. Saat motor itu dicuci di tengah hujan, tiba-tiba kotor oleh abu.”Saya yakin ini abu kiriman dari Merapi," kata Amin yang rajin mencuci karena motornya masih gress dari toko.

     Hujan abu sebagai dampak letusan Merapi juga dirasakan masyarakat Bogor hari Jumat, tepatnya di kawasan Puncak. Hujan debu ini terjadi secara merata mulai dari Puncak pas hingga kawasan Ciawi.

Seperti terlihat di pelataran sebuah masjid di kawasan Puncak Bogor. Sejumlah  kendaraan roda dua dan roda empat yang terparkir dipelataran masjid tertutup debu putih. Hujan abu ini dirasakan warga sekitar 10 menit.

Tidak ada komentar: