Kamis, 20 Januari 2011

Heboh Jenglot, Ternyata Makhluk Palsu

CIREBON- Sejak awal kami sudah sangsi, menurunkan berita seputar hebohnya jenglot yang ditemukan warga Pamijahan Cirebon. Misalnya, adanya aktifitas penarikan tiket masuk, lengkap dengan tiga orang penjaga yang sudah diberlakukan tanpa kompromi, sejak awal. Padahal biasanya, penemuan benda-benda aneh, entah itu penemuan pisang berkelamin ganda atau makhluk cebol yang doyan menghisap darah, penemunya hanya meletakkan kotak amal dengan tulisan “sumbangan suka-rela”.
Berbeda dengan heboh jenglot yang palsu ini. Seperti anda lihat pada foto sebelah kanan itu, pintu masuk dijaga tiga orang yang bertugas menarik uang dan tempat pamer jenglot pun seperti sengaja dipilih yang luas untuk menampung pengunjung lebih banyak. Kecuali itu, makhluk yang disebut jenglot, buncul atau apalah terserah anda memanggilnya, seperti sengja ditempatkan dalam aquarium besar. Tujuannya jelas, agar tidak seorangpun bisa menyentuh makluk yang terbuat dari tanah liat itu dan menurut perhitungan para penipunya – agar jejak tipu-tipunya tidak terbongkar. Tapi ya gitulah, sepeti kata pribahasa orang jawa, becik ketitik olo ketoro atau pribahasa sepandai-pandai tupai melompat—akhirnya jatuh juga. Sepinterpinter penipu berjamaah itu menyembunyikan jenglot palsu akhirnya kebongkar juga.


Yang lebih aneh menurut polisi, beberapa warga mengajukan izin keramaian. "Panitia sempat mengajukan surat izin keramaian. Namun saat itu belum ada dugaan mengarah pada tindak pemalsuan, jadi kami tetap mengeluarkan izin keramaian," ujar Kapolsek Depok Cirebon AKP Dian Setiawan 

Terbongkarnya, penipuan mahluk aneh yang diyakini sebagai siluman jenglot atau buncul itu terjadi pada Selasa lalu 18 Janurai 2011. Siluman tipuan itu tersingkap oleh seorang paranormal bernama ustadz ujang bustomi yang berusaha membuktikan kebenaran penemuan warga tersebut..Namun Bustomi tidak merasakan kekuatan mistis apapun dalam benda yang disebut jenglot atau buncul itu. Merasa kedoknya terbongkar, beberapa warga langsung marah dan berusaha menyerang Ujang Bustomi.

Ujang Bustomi, yang bongkar Jenglot Palsu
Satwa aneh yang bernama buncul, mahluk halus sejenis binatang jenglot ini , ternyata hanya akal-akalan sejumlah warga. Ternyata benda berbentuk binatang jenglot ini hanya patung yang terbuat dari tanah liat , campuran semen dan lem ditempeli rambut.
Untuk merangkai bagian tangan , kepala dan rambut, para penipu itu menggunakan batang lidi dan lem yang dilapisi lumpur. Kemudian supaya terlihat seperti anak buaya, pembuatnya sengaja melapisi lumpur bagian luar dengan menggunakan kulit ular yang disemprot minyak tertentu.

Polisi dari polsek Depok Cirebon yang menangani kasus penipuan berjamaah ini, sedang memeriksa penemu buncul Abdul Jamil dan panitia. Karena dinilai meresahkan dan melakukan penipuan. Kapolres Cirebon, AKBP Edi Mardianto dalam siaran persnya, Rabu (19/1/2011) di Mapolres Cirebon mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah menetapkan Abdul Jamil sebagai tersangka. "Kami sudah tetapkan dia sebagai tersangka. Saat ini pelaku bahkan sudah diamankan di Mapolres," ujarnya.
Menurut Edi, tersangka saat ini dijerat dengan tuduhan penipuan, terkait dengan perannya dalam memunculkan sosok siluman buncul. Pihaknya juga memeriksa 10 orang warga Pamijahan. Namun, sembilan orang diantaranya sudah dipulangkan. Ini sebuah pelajaran berharga dari Cirebon, bagaimana zaman yang sudah modern seperti sekarang, jutaan orang masih percaya pada hal-hal tak masuk akal seperti itu. Semoga dengan kejadian ini, masyarakat kita menjadi lebih sadar--agar tidak tertipu lagi.

7 komentar:

harun mengatakan...

ass,,,, pa ustad saya asal cirebon, saya mau nanya nie, skalian mau konsultasi, kira2 boleh ga ya,?? saya pengen bisa langsung ketemu pa ustad. pa ustad tolangin saya, saya lagi banyak masalah, saya hanya makhluk allah yang lemah, makasi wasalam

harun mengatakan...

as,, pa ustad saya asal cirebon boleh ga saya konsultasi langsung sama pa ustad, saya pengen banget bisa ketemu sama pa ustad, pa ustad tolong bantu saya, kalo bisa saya minta nomer hp pa ustad. trimksi wassalam,,,

Warung Informasi mengatakan...

Waalikum salam, Harum mohon maaf, ustad Ujang itu di Cirebon -- dan kami sepertinya sulit melakukan kontak karena, kami tidak bertemu langsung --tapi teman kami sementara aku hanya edit berita. Tks

Anonim mengatakan...

ujang bustomi kan yang di acara ghaib2 di televisi dan keliatan rekayasanya itu, alias penipuan juga.

Anonim mengatakan...

ujang bustomi kan yang di acara ghaib2 di televisi dan keliatan rekayasanya itu, alias penipuan juga.

Anonim mengatakan...

ujang bustomi kan yang di acara ghaib2 di televisi dan keliatan rekayasanya itu, alias penipuan juga.

Anonim mengatakan...

ujang bustomi kan yang di acara ghaib2 di televisi dan keliatan rekayasanya itu, alias penipuan juga.