Selasa, 04 September 2012

Dua Anak Harimau Sumatera Ditemukan Di jalanan

Dua anak Harimau Sumatera
JAMBI - Warga Pancoran Desa Ladang Panjang, Kecamatan Sungai Gelam, Muaro Jambi menemukan dua anak harimau yang berumur dua bulan. Menurut Kepala Seksi Wilayah III Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, Nasirwan, kedua anak harimau ditemukan warga Minggu (2/9) kemarin pagi.  "Ketika itu, warga hendak berangkat ke kebun, di tengah jalan mereka menemukan dua anak harimau.

Diduga dua anak harimau itu, tinggal mati iduknya yang tewas di tangan pemburu liar. “Atau keduanya ini sedang sakit, sehingga ditinggalkan induknya,” tambah Nasirwan. Warga yang punya niat baik untuk menyelamatkan kedua anak harimau, lalu diserahkan ke BKSDA Jambi.
Dua Anak Harimau ini dititipkan di KB Taman Rimba

Saat ini, dua anak harimau berjenis kelamin betina dititipkan di Kebun Binatang Taman Rimba. Menurut dokter hewan yang memeriksanya, kedua anak harimau ini mengalami dehidrasi, akibat tidak makan dan minum selama beberapa hari. Salah satunya bahkan mengalami penurunan suhu badan, atau hypothermia, pernapasan berat dan perut kembung. Saat ini dokter mengatasi kondisi keduanya dengan menyuntikkan infus untuk mengembalikan metabolisme tubuh dua bayi harimau itu.

Dalam beberapa hari ke depan, pihak Taman Rimba dan BKSDA Jambi berharap kondisi keduanya bisa pulih seperti sediakala sebelum menjalani rehabilitasi lebih lanjut

Saat ini populasi harimau sumatera di jambi sudah sangat memprihatinkan. Menurut data BKSDA Provinsi Jambi, jumlah harimau Sumater yang berada di habitat Taman Nasional Seblat hanya berkisar 30 ekor. Sungguh kondisi yang kritis. Mari lestarikan hutan kita.

Tidak ada komentar: