Minggu, 28 November 2010

Pesawat Jatuh dan Terbakar, 8 Awaknya Tewas

AP-Associated Press 
KARACHI, Pakistan (28/11/2010) Sebuah pesawat kargo hari Minggu (28/11/2010) jatuh dan menghantam sebuah kompleks perumahan di Pakistan, sesaat setelah lepas landas. Jatuhnya pesawta ini menimbulkan kebakaran hebat dan menewaskan semua awak pesawat berjumlah 8 orang berkebangsaan Rusia. Selain itu, jatuhnya pesawat kargo ini menurut otoritas penerbangan sipil menyebakan satu warga terluka dan 20 rumah rusak atau hancur. Sebagian rumah yang hancur itu masih dalam proses pembangunan dan diyakini kosong, kata penduduk setempat. Pesawat buatan Rusia itu jatuh di komplek mewah dan saat kejadian penghuni komplek sedang terlelap tidur. Beberapa saksi mata melihat salah satu sayapnya terbakar dan terdengar suara ledakan sebelum akhirnya pesawat terbakar dan jatuh.

Pesawat tujuan Sudan itu meledak menjadi kobaran api. Tim pemadam kebakaran yang datang, langsung menyemprotkan busa ke lokasi kecelakaan. Sementara sebagian tim mencari korban di puing-puing bangunan yang hancur. Kecelakaan pesawat ini menarik perhatian ratusan warga yang hanya menonton sambil shooting kejadian itu lewat ponsel meraka.

Kerumunan warga yang tidak berkepentingan ini menghambat akses bagi pekerja darurat. Penduduk setempat mengatakan lokasi jatuhnya pesawat itu hanya beberapa ratus meter saja dari pemukiman padat penduduk. Menurut warga komplek tempat pesawat itu jatuh adalah perumahan yang akan disediakan bagi pemukiman para perwira angkatan laut dan keluarga mereka. Juru bicara otoritas penerbangan Pervais george mengatakan, pesawat tujuan Sudan itu jatuh, dua menit setelah take off, menewaskan 8 awak yang kesemuanya warga Negara Rusia.

“Pesawat kargo itu bertipe il-89. Sebuah pesawat serba-guna yang sering digunakan untuk mengangkut bantuan kemanusiaan untuk negara-negara berkembang, serta mengangkut barang-barang besar lainnya.”tambah George.

Kecelakaan itu adalah ketiga kalinya dalam waktu kurang dari lima bulan di Pakistan. Awal bulan ini di Karachi, 21 orang tewas ketika sebuah pesawat penumpang kecil jatuh, setelah lepas landas. Pada Juli lalu, jet penumpang yang dioperasikan oleh Airblue Pakistan menabrak perbukitan menewaskan 152 penumpangnya. Sumber dari  AP-Associated Press

Tidak ada komentar: