Jumat, 13 Agustus 2010

PETANI BENTROK, SEORANG PETANI TEWAS 3 LUKA BERAT

Labuhan Batu Utara, Sumut
Konflik lahan antara kelompok petani Karya Lestari dengan pihak yang diduga dari PT Sawita Ledong Jaya di desa Air Hitam, Kecamatan Kualuh Ledong, Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara, Rabu malam kemarin berakhir tragis, seorang petani Besman Sianipar tewas kena sabetan parang dan tiga petani rekannya menderita luka berat.

Menurut saksi mata di loaksi kejadian, bentrokan meletus antara petani dengan sekelompok orang yang diduga suruhan PT Sawita Ledong Jaya, saat para petani itu sedang mendirikan tugu untuk peringatan 17 agustus. _Para petani ni tepatnya diserang oleh kelompok tak dikenal itu. Akibat insiden ini seorang petani bernama Besman Sianipar, tewas terkena sabetan parang, sementara tiga petani lainnya, yakni Hotman Manurung, Anju Sianipar dan Manosor Sihombing mendrita luka berat juga akibat sabetan parang.
Polisi sejauh ini telah mengamankan sembilan tersangka kasus penyerangan. Lima dari para penyerang itu diketahui merupakan karyawan PT Sawita Ladong Jaya dan 4 orang warga.
Bentrokan antara warga dengan PT Sawita Ladong Jaya ini bermula dari sengketa lahan seluas 80 hektar. Para petani mengklaim sebagian dari lahan itu diklaim sebagai milik petani, berdasarkan surat kepala desa Air Hitam dan para petani juga sudah lama menanami lahan sengketa itu dengan tanaman sawit dankaret

Tidak ada komentar: